Guru-guru taman kanak-kanak
(TK) selain harus memiliki modal kerja untuk mendidik murid, juga idealnya
memenuhi kriteria tertentu. Soal perlunya modal kerja ini, silakan pembaca
memeriksa artikel lain yang berjudul Modal
Kerja Guru Taman-kanak. Berikut kriteria ideal guru TK yang di
kutip dari bukuPengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak, karya
Agus F. Tangyong dkk., terbitan Gramedia, 1988.
Kriteria Ideal Guru Taman Kanak-Kanak |
Guru TK yang paling ideal
adalah seorang profesional yang terdidik dan terlatih baik, serta memiliki
pengalaman yang kaya di bidangnya. Pengertian terdidik adalah mereka yang
memiliki bekal pendidikan formal. Idealnya, guru TK minimal berpendidikan strata
1 dalam bidang apa pun. Namun tak berarti mereka yang berpendidikan setingkat
SMP atau SMA tak dibolehkan mengajar murid TK, karena pada dasarnya yang
dibutuhkan adalah kemampuannya yang setingkat sarjana Strata 1, bukan
ijazahnya.
Memang faktanya sebagian
besar guru pendidikan anak usia dini, termasuk di dalamnya guru TK, belum
sarjana. Berdasarkan data yang diungkapkan Direktur Pembinaan PAUD Direktorat
Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemdikbud Ella
Yulaelawati seperti dikutip laman beritasatu.com, jumlah tenaga
kependidikan PAUD saat ini sebanyak 588.475.
Dari jumlah itu, sebanyak
22.972 berlatar belakang pendidikan SMP dan 289.762 SMA. Kemudian, lulusan
diploma sebanyak 75.678 dan S1 sebanyak 196.181 orang. Selanjutnya, guru dan
tenaga kependidikan lulusan S2 terdapat 3.882 orang.
Kriteria lain, terlatih
dengan baik. Guru TK haruslah seorang yang menguasai tehnik mendidik, memiliki
pengetahuan tentang cara-cara mendidik, maupun membuat rancangan kegiatan
(mingguan dan harian) dan mampu mengorganisasikan kelas. Ia juga mengetahui
cara menghadapi berbagai macam permasalahan anak, mulai dari perkelahian
antar anak sampai dengan menggiatkan kelompok belajar.
Guru-guru TK niscaya
membutuhkan pelatihan-pelatihan untuk mampu mendidik anak-anak usia TK.
Pelatihan-pelatihan ini menyangkut penguasaan kurikulum, pengetahuan tentang
kompetensi dasar yang mesti dibekalkan ke anak didik, metode-metode yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan kurikulum, dan lain-lain. Pelatihan yang paling
dibutuhkan tentu saja materi bermain sebagai metode untuk penanaman nilai-nilai
yang diharapkan disemaikan dalam jiwa anak-anak TK.
Kriteria lain,
pengalaman yang kaya di bidangnya. Mereka yang sudah lama menjadi guru TK pasti
akan lebih lihai dalam menghadapi murid-murid yang masih berusia dini ini,
dibanding para guru pemula. Bagaimana cara menangani anak yang pemberontak,
perengek, pengganggu dan lain-lain? Pengalaman yang panjang karena itu
diharapkan meningkatkan kompetensi guru TK untuk menjalankan tugasnya.
Kriteria lain, kecintaan
yang tulus pada anak, berminat pada perkembangan anak, bersedia mengembangkan
potensi yang dimiliki anak, hangat dalam bersikap dan bersedia bermain dengan
anak. Kata kuncinya di sini: mencintai anak. Jika rasa cinta pada anak-anak
sudah muncul di dalam hatinya, maka sikap-sikap berikutnya akan mengikut,
seperti memperhatikan, memedulikan, bersimpati, berempati, sikap hangat, dan
seterusnya.
Guru TK adalah guru yang
konsisten sekaligus luwes dan lincah dalam menghadapi kebutuhan, minat dan
kemampuan anak.
Kriteria guru yang ideal
belum tentu dapat dipenuhi oleh seorang guru TK, namun yang penting adalah
usaha ke arah itu.
0 komentar