8 Pertanyaan Serta Jawaban Yang Sering Muncul Seputar Aplikasi Dapodik Versi2016b
Selamat Datang Di Blog Info Pendidikan --- 8 Pertanyaan Serta Jawaban Yang Sering Muncul Seputar
Aplikasi Dapodik Versi 2016b bermanfaat
bagi bapak/ ibu sebagai operator untuk membantu bapak/ ibu OPS dalam pengerjaan
DAPODIK Versi 2016b.
1. Tanya : Saat melakukan sinkronisasi aplikasi
dapodik 2016b, kenapa selalu muncul pesan “koneksi internet lambat” padahal
koneksi internet yang digunakan sekolah sudah cukup memadai ?
Jawab : Tahap pertama lakukan pergantian
koneksi internet misal dari Provider A ke Provider B, jika tahapan ini sudah
dilakukan masih belum bisa juga. Maka coba tambahkan Add On pada Web browser
anda security kiss atau Add On yang sejenis.
2. Tanya
: setelah melakukan
pembaharuan aplikasi melalui file updater Dapodik 2016b kok program PMP versi
1.3 tidak bisa di jalankan, apa yang harus dilakukan ?
Jawab : Untuk kasus program PMP versi
1.3 error atau tidak bisa login silahkan unduh dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id/Patch_Dapodik_2016.b_14092016.exe
setelah dilakukan download,
lalu lakukan proses instalasi dan timpa saja aplikasi yang sudah ada
menggunakan updater/patch sebelumnya. Setelah itu refresh dengan tombol F5
aplikasi PMP versi 1.3
3. Tanya
: bagaimana cara entri data
pembelajaran Lintas minat pada SMA kurikulum 2013 dan team teaching pada Matpel
Produktif di SMK ?
Jawab : untuk lintas minat dan team teaching
silakan tata cara entrinya menunggu informasi resmi dilaman
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
4. Tanya
: Mengapa pada validasi
pembelajaran SMA K13 pada kelas 10 hanya ada 38 jam ?
Jawab : validasi itu menjadi bagian informasi
pada entri pembelajaran yang memberikan batasan maksimal pada kurikulum
2013 dan di dalam validasi itu belum menghitung lintas minat
5. Tanya
: pada validasi kepala
bengkel dan Kepala Program Keahlian tidak sesuai dengan ketentuan, apa yg harus
kami lakukan ?
Jawab
: silakan di tunggu
perubahan validasinya pada aplikasi Dapodik 2016 versi
selanjutnya
selanjutnya
6. Tanya
: Bagaimana prosedur entri
data pada Sekolah baru berdiri, mengingat sudah dilakukan proses entri data
mulai tab Sekolah, Tab Sarpras dan Tab Peserta Didik, namun saat mau melakukan
proses validasi masih ada PTK yang belum terisi, mengingat sekolah sudah tidak
bisa melakukan tambah data PTK di Aplikasi menyebabkan tidak bisa melakukan
sinkronisasi ?
Jawab : Khusus untuk sekolah baru, sebelum
melakukan entri data di aplikasi dapodik 2016, pastikan data PTK sudah
dilakukan entri PTK oleh Dinas Pendidikan kabupaten/ Kota, sehingga setelah
proses itu dilalui, baru operator sekolah bisa melakukan registrasi aplikasi
7. Tanya
: Sekolah SPK SMA pada saat
menggunakan aplikasi Dapodik 2016A terdeteksi saat melakukan sinkronisasi “Kode
registrasi tidak ditemukan”, apa yang harus dilakukan ?.
Jawab : Download Patch/updater Aplikasi
Dapodik 2016b. setelah itu lakukan install aplikasi dan refresh. Lakukan
validasi dan sinkronisasi.
8. Tanya : Sekolah SMK K13 Mulai tahun 2016
pada saat masuk ke pembelajaran di kelas X menjadi kosong ?
Jawab : Pastikan pemilihan Kurikulum untuk
kelas 10 adalah SMK K13 Program keahlian bukan Paket Keahlian
Demikian informasi yang
dapat admin Info Pendidikan berikan yang telah dikemas dalam 8
pertanyaan serta jawabannya. ******* -------
( Aye Leymakali )
0 komentar