Cara Sukses Pengisian Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) 2017 |
Info Pendidikan Indonesia -----, Informasi yang admin kutip dari link resmi Aplikasi
Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) yang beralamat di http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
yang berisi tentang pemberitahuan kepada seluruh
Kepala Sekolah, Pengawas, LPMP, Dinas Pendidikan Kab/kota dan Propinsi, sehubungan
dengan Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Nomor:09/D/PD/2017 tentang Pemetaan Mutu
Pendidikan Tahun Ajaran 2017/2018 maka Direktorat Jenderal Pendidikan
Dasar dan Menengah akan menyampaikan beberapa informasi mengenai pemetaan
mutu pendidikan tahun 2017 ini.
Beberapa informasi
yang perlu diperhatikan mengenai Pemetaan Mutu Pendidikan 2017 adalah sebagai
berikut:
- Pengiriman data PMP dari sekolah dibuka
pada tanggal 15 Juli 2017 sesuai dengan surat
edaran seiring diinformasikan dalam website resmi Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP).
- Aplikasi PMP versi 2.0 kompatibel dengan
Aplikasi Dapodik 2017 dan versi updater-nya.
Sehingga sekolah dapat langsung mulai menginput data PMP tanpa harus
menunggu updater terbaru dari Dapodik. Panduan Aplikasi akan dimuat di
laman web PMP.
- Perbaikan dan peningkatan pelayanan
pemetaan mutu pendidikan terus diupayakan oleh Ditjen Dikdasmen baik dari
sisi infrastruktur maupun sarana prasarana pendukungnya,
sehingga diharapkan tahun 2017 ini implementasi PMP dapat berjalan lebih
baik lagi dibanding tahun sebelumnya. Disarankan agar selalu meng-update
informasi di web dapodik dan PMP.
- Perbaikan dan optimalisasi aplikasi juga
dilakukan dengan merilis Aplikasi PMP versi 2.0 dan Website PMP versi 2.0 dengan
beberapa perbaikan dan penambahan fitur-fitur di dalamnya. Fitur tersebut
diantaranya Optimasi metode kirim data yang lebih ringan, pemrosesan data,
Login LPMP dan Dinas Pendidikan, Menu Raport Mutu, Sekolah Model, Menu
Fasilitator, Menu Jadwal Pelatihan, dsb yang sekiranya dapat bermanfaat
untuk implementasi PMP 2017.
- Adanya Feedback dan Tindak Lanjut dari
Rilis Aplikasi PMP 2017. Sampai dengan akhir bulan
Juli 2017 akan dilakukan evaluasi dari feedback yang
kami terima selama pemetaan pasca rilis aplikasi berlangsung.
Baca Juga: Terbaru !!!
Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No 09/D/PD/2017 Tentang PMP Tahun Ajaran
2017/2018
Tindak lanjut dari
evaluasi pelaksanaan selama bulan Juli ini adalah antara lain:
- Merilis Updater PMP versi 2.1 pada awal
Agustus.
(Tidak perlu melakukan install ulang, cukup dengan cek pembaharuan online
atau install Updater PMP v2.1)
- Me-reset Progress Pemetaan Mutu Tahun
2017 ke titik awal dan menampilkan kembali hasil
Pemetaan tahun 2016 sebagai data histori apabila diperlukan.
- Melengkapi dan menyempurnakan Website PMP
secara progressif seiring saran dan masukan yang diterima.
- Manual Aplikasi PMP dan FAQ akan
dimuat di laman web PMP sesuai dengan perkembangan dan perubahan aplikasi.
- Bantuan Layanan Operator dapat menghubungi LPMP atau Dinas Pendidikan wilayah masing-masing yang selalu berkoordinasi dengan pusat.
Demikian informasi
yang dapat disampaikan dan semoga bermanfaat dalam pengerjaan aplikasi pemetaan
mutu pendidikan Ditjen Dikdasmen tahun 2017.
0 komentar