Pertanyaan Yang Sering Muncul Pada Aplikasi Dapodik Versi 2016 A, B Dan C |
Info
Pendidikan Indonesia
----- Dilihat dari judul artikel kali
ini, admin Info Pendidikan Indonesia akan memberikan informasi pertanyaan serta
jawabannya pada aplikasi DAPODIK Versi 2016 A, B dan C kepada operator sekolah
se-Indonesia. Silahkan simak selengkapnya di bawah ini :
1.
Tanya : Saat melakukan
sinkronisasi aplikasi dapodik 2016b, kenapa selalu muncul pesan “koneksi
internet lambat” padahal koneksi internet yang digunakan sekolah sudah cukup
memadai ?
Jawab
:
Tahap pertama lakukan pergantian koneksi internet misal dari Provider A ke
Provider B, jika tahapan ini sudah dilakukan masih belum bisa juga. Maka coba
tambahkan Add On pada Web browser anda security kiss atau Add On yang sejenis.
2. Tanya : setelah melakukan
pembaharuan aplikasi melalui file updater Dapodik 2016b kok program PMP versi
1.3 tidak bisa di jalankan, apa yang harus dilakukan ?
Jawab
:
Untuk kasus program PMP versi 1.3 error atau tidak bisa login silahkan
unduh dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id/Patch_Dapodik_2016.b_14092016.exe setelah
dilakukan download, lalu lakukan proses instalasi dan timpa saja aplikasi yang
sudah ada menggunakan updater/patch sebelumnya. Setelah itu refresh dengan
tombol F5 aplikasi PMP versi 1.3
3. Tanya : bagaimana cara entri
data pembelajaran Lintas minat pada SMA kurikulum 2013 dan team teaching pada
Matpel Produktif di SMK ?
Jawab
:
untuk lintas minat dan team teaching silakan tata cara entrinya menunggu
informasi resmi dilaman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
4. Tanya : Mengapa pada
validasi pembelajaran SMA K13 pada kelas 10 hanya ada 38 jam ?
Jawab
:
validasi itu menjadi bagian informasi pada entri pembelajaran yang memberikan
batasan maksimal pada kurikulum 2013 dan di dalam validasi itu belum
menghitung lintas minat
5. Tanya : pada validasi kepala
bengkel dan Kepala Program Keahlian tidak sesuai dengan ketentuan, apa yg harus
kami lakukan ?
Jawab
:
silakan di tunggu perubahan validasinya pada aplikasi Dapodik 2016 versi
selanjutnya
6. Tanya : Bagaimana prosedur
entri data pada Sekolah baru berdiri, mengingat sudah dilakukan proses entri
data mulai tab Sekolah, Tab Sarpras dan Tab Peserta Didik, namun saat mau
melakukan proses validasi masih ada PTK yang belum terisi, mengingat sekolah
sudah tidak bisa melakukan tambah data PTK di Aplikasi menyebabkan tidak bisa
melakukan sinkronisasi ?
Jawab
:
Khusus untuk sekolah baru, sebelum melakukan entri data di aplikasi dapodik
2016, pastikan data PTK sudah dilakukan entri PTK oleh Dinas Pendidikan
kabupaten/ Kota, sehingga setelah proses itu dilalui, baru operator sekolah
bisa melakukan registrasi aplikasi
7. Tanya : Sekolah SPK SMA pada
saat menggunakan aplikasi Dapodik 2016A terdeteksi saat melakukan sinkronisasi
“Kode registrasi tidak ditemukan”, apa yang harus dilakukan ?.
Jawab
:
Download Patch/updater Aplikasi Dapodik 2016b. setelah itu lakukan install
aplikasi dan refresh. Lakukan validasi dan sinkronisasi.
8. Tanya : Sekolah SMK K13
Mulai tahun 2016 pada saat masuk ke pembelajaran di kelas X menjadi kosong ?
Jawab
:
Pastikan pemilihan Kurikulum untuk kelas 10 adalah SMK K13 Program keahlian
bukan Paket Keahlian
Baca
Juga : Tutorial
Lengkap Upload Dokomen Untuk Mendapatkan NUPTK
Demikian informasi
terkait pertanyaan
yang sering muncul pada dapodik versi 2016 a, b dan c . //////////----- ( Aye Leymakali )
Jika bermanfaat silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran,
pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau
Google
0 komentar